Sejarah Dan Definisi Daftar Menu

Contoh daftar menu

Pada masa sebelum abad ke-18, daftar makanan yang ditulis secara sederhana dan biasanya dipajang pada pintu restaurant. Daftar makanan yang singkat itu disebut "ESCRITEAU". Beberapa saat kemudian, daftar makanan tersebut berpindah dari luar ke dalam restaurant dan dipajangkan diatas meja makan. Ada kalanya masing-masing tamu pengunjung restaurant disediakan satu lembar daftar makanan untuk memudahkan memilih makanan yang sesuai dengan selera merekan masing-masing. 

Restaurant sebagai tempat makanan kemudian makin populer, dan variasi makanan yang dicantumkan pada daftar tersebut makin lama makin banyak. Daftar makanan ini kemudian dikenal dengan nama "MENU". 

Akhirnya menu berfungsi sebagai daftar makanan yang dapat dipesan dan dinikmati saat itu juga. Pada tahun 1765 tuan "Boulagere" membuka sebuah restauran di Paris, dan memajang poster besar di depan restaurant untuk mengumumkan makanan yang disediakan pada hari tersebut.

Mungkin inilah kelahiran "Menu A'la Carte" yang pertama, yang kemudian dipergunakan diberbagai restaurant. Makin lama makin banyak perbaikan dan peningkatan dilakukan misalnya pada tata cara penulisan, seni penampilan, tata warna dan lain sebagainya. Banyak seniman-seniman ternama diminta merancang penamilan menu sehingga nilai menu semakin lama semakin meningkat.

Dalam bahasa Perancis menu yaitu "Le Menu" yang artinya daftar makanan yang disajikan kepada tamu di ruang makan. Oleh orang Inggris menu disebut juga bill of fare, yang artinya daftar makanan yang tercantum dan diinformasikan lewat media kertas, papan, atau kain di dinding tempat daftar menu itu ditulis. Jadi dapat disimpulkan bahwa menu adalah daftar makanan yang tersedia sebagai pedoman bagi yang menyiapkan makanan atau hidangan dan sebagai penuntun bagi yang menikmati karena tergambar tentang apa dan bagaimana makanan tersebut dibuat.

Contoh daftar menu diatas juga tersedia dalam format corel draw. Klik icon download dibawah ini



About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar