Apa Itu Typography? (Sejarah beserta pengertian Typography)

Typografi
Apa itu typografi
 - Mungkin sebagian dari kita tahu bahwa typografi merupakan sebuah seni dalam bentuk tulisan, mungkin kita lebih familiar dengan sebutan kaligrafi. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian typografi atau kaligrafi ini mungkin artikel ini kurang sempurna tapi setidaknya bisa memberi pencerahan bagi kita semua.

a. Sejarah Tipografi


Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus.
Bentuk tipografi tersebut akhirnya berkembang sampai di Kreta, lalu menjalar ke Yunani dan akhirnya menyebar keseluruh Eropa.

Puncak perkembangan tipografi, terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.

Saat ini tipografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

Perkembangan tipografi saat ini sudah mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan (hand drawn) hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.

b. Pengertian Typografi


Typografi adalah suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.
Aspek-aspek Desain Komunikasi Visual :

Ilustrasi
Teks
Tipografi
Warna
Media

Huruf (Tipo/Typeface/Type/Font) adalah bentuk visual yang dibunyikan sebagai komunikasi verbal.
Tipografi adalah Ilmu yang mempelajari tentang Huruf dan penggunaan Huruf dalam aplikasi Desain Komunikasi Visual.

Tipografi adalah ilmu atau skill yang berkaitan dengan profesi piñata aksara di percetakan maupun seniman-seniman yang bekerja di perusahaan pembuat aksara.

Tipografi adalah ilmu yang berkaitan dengan aksara cetak. Tipografi adalah seni dan teknik dalam merancang maupun menata aksara dalam kaitannya untuk menyusun publikasi visual, baik cetak maupun non cetak.

Seni Tipografi, yaitu karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen utama. Dalam seni tipografi, pengertian huruf sebagai lambing bunyi bias diabaikan. Seni merupakan induk dari desain grafis.

Dalam dunia Desain Grafis, Tipografi adalah sebuah disiplin khusus dalam desain grafis yang mempelajari mengenai seluk beluk huruf (font). Jenis huruf bisa menciptakan kesan-kesan tertentu sesuai dengan tema publikasi.

Ada 4 buah prinsip pokok tipografi yang sangat mempengaruhi keberhasila suatu desain tipografi yaitu :
a) Legability, kualitas pada huruf yang membuat huruf tersebut dapat terbaca,dalam suatu karya desain dapat terjadi cropping,overlapping, dan lai sebagainya yang dapat menyebabkan berkurangnya legabilitas dari suatu uruf.

b) Readability, penggunaan huruf dengan memperhatikan hubungan dengan huruf yang lain sehingga terlihat jelas. Dalam menggabungkan huruf dan huruf  baik membentuk suatu kata, kalimat  atau tidak harus memperhatikan hubungan antar huruf satu dengan yang lain. Khususnya spasi antara huruf,jarak antar huruf  tersebut tidak dapat diukur secara matematika tetapi harus dilihat dan dirasakan.

c) Visibility, kemampuan suatu  huruf ,kata,atau kalimat dalam suatu karya desain komunikasi visual dapat terbaca dalam jarak tertentu.

d) Clarity, kemampuan huruf – huruf yang digunakan dalam suatu karya desain dapat dibaca  dan dapat dimengerti oleh target pengamat yang dituju.

Hal – hal yang mempengruhi keempat prinsip – prinsip pokok diatas :

  1. Rataan teks
  2. Pajang baris
  3. Leading line 
  4. Pemilihan huruf
  5. Italic
  6. Kegunaan capital
  7. Kekontrasan
  8. Garis bawah pada links

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar