Eksistensi Sirwal Dulu Dan Kini


Sirwal Yang Semakin Viral
Sirwal atau Celana Sirwal merupakan Celana yang mempunyai bentuk lebar dengan model ikat tanpa resleting (zipper) depan dan memiliki panjang diatas mata kaki (jadi panjang celana tidak sampai menutupi mata kaki). Di indonesia celana model sirwal sudah sangat populer bahkan telah mengalami perkembangan pangsa pasar yang sangat pesat, seiring dengan inovasi produksinya yang juga terus berkembang.
Dan kini celana sirwal telah menjadi salah satu pakaian trend remaja muslim masa kini, memakai celana sirwal sudah bukan lagi menjadi hal yang aneh, karena celana model sirwal ini bisa dipadu padankan dengan gaya busana santai ataupun resmi. Selain bersih jika dikenakan sehari hari, celana ini lebih pas jika dipakai untuk menggantikan sarung saat sholat dibanding celana panjang biasa karena bagian bawahnya tidak terseret atau terinjak saat dipakai. Karena longgar dan batas celana di atas mata kaki, jadi saat dipakai akan lebih nyaman untuk bergerak.
Celana Sirwal memiliki ciri-ciri lebar/ longgar ( tidak sempit ) dan memiliki panjang antara pertengahan betis sampai diatas mata kaki. Celana sirwal ini dipakai oleh laki-laki untuk berbagai macam aktifitas baik acara resmi maupun non resmi.
Sejarah Sirwal
Sirwal adalah jenis celana yang sudah ada sejak dahulu, menurut sumber wikipedia, celana cingkrang ini awalnya dipakai di negara-negara muslim seperti Arab saudi, turki dan negara-negara muslim lainnya di timur tengah. Selain itu juga , ternyata celana sirwal juga dipakai oleh sebagian masyarakat pedesaan di Yunani, Cina dan juga pakaian tradisional khas negara negara skandinavia sejak abad pertengahan.
Sedangkan di Indonesia, celana ngatung model sirwal ini banyak dipakai oleh masyarakat sejak lama seperti celana bela diri pencak silat, celana pakaian adat betawi, celana pakaian adat sunda, celana pakaian adat madura dan banyak lainnya. Tidak diketahui pastinya, asal mula celana model ngatung ini dipakai di Indonesia.
Berbagai model celana sirwal
Banyak sekali model baru yang muncul akhir-akhir ini karena minat masyarakat yang juga semakin tinggi untuk memakai celana sirwal dalam berbagai kegiatan.
Sirwal biasa
Model ini adalah model standar yang memilki dua kantong. Model ini sudah lama dipakai oleh masyarakat Indonesia pada pakaian bela diri dan pakaian adat.
Sirwal Tempur
Celana sirwal dengan 4 buah kantong dengan tambahan 2 kantong tempel dari sirwal biasa. Model ini lebih kreatif dan unik dari sirwal biasa.
Sirwal Army
Sirwal Tempur dengan motif bermodel doreng tentara dengan bahan yang kuat dan tebal, berkesan lebih gagah bagi pemakainaya.
Sirwal Kantor
Ini kreasi baru, yang dahulu sirwal hanya untuk kegiatan non resmi, celana sirwal ini didesain sangat pas dan cocok dipakai saat bekerja di kantor dengan bahan halus dan tebal.
Celana Sirwal boxer
Celana jenis "gedombrongan" yang memiliki model seperti celana bela diri, karate, pencak silat. Model ini sangat pas jika dipakai saat santai atau untuk sehari hari.
Kenapa muslim memakai sirwal ?
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam memberi petunjuk untuk memakai pakaian diatas mata kaki, hal ini yang mendasari kaum muslimin untuk memakai celana diatas mata kaki.
Seiring perkembangan zaman, motif dan model sirwal semakin menarik, sehingga animo masyakarakat semakin besar untuk memakainya. Dalam pandangan masyarakat, celana sirwal sudah identik dengan kaum muslimin dan juga sesuai dengan syariat Islam, sehingga bagi kaum muslimin sirwal ini menjadi pakaian muslim yang tepat untuk dipakai oleh muslim guna menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim.

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar