Misykatul Atsar




Dengan dekadensi moral yang terjadi di masyarakat kita akhir-akhir ini, khususnya di kota Salatiga, maka yayasan Al Amin Tingkir didirikan sebagai payung hukum yang mana tujuan awal adalah pendirian ma’had/pondok pesantren di Salatiga, sehingga ma’had tersebut mempunyai kekuatan hukum di tata hukum Indonesia, dan pendirian yayasan disini bukanlah inti dari dakwah ini yang bisa memecah belah umat Islam, akan tetapi yayasan adalah hanya sebuah wadah yang mempunyai kekuatan hukum, sehingga segala kegiatan yang ada di dalamnya bisa dipertanggungjawabkan di ranah hukum indonesia. inti dari pendirian Pondok maupun Yayasan ini adalah untuk penyebaran dakwah salafiyah di Salatiga pada khususnya dan diseluruh penjuru Dunia pada umumnya. Selanjutnya pondok/Ma’had kami sebut sebagai Ma’had Misykatul Atsar.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwasanya tujuan utama didirikan pondok ini adalah untuk menyebarkan ajaran Islam berdasarkan Al Qur-an dan As Sunnah dengan pemahaman yang benar sesuai dengan pemahaman para Sahabat Ridwanulloh ‘alaihim ajma’in. Agar masyarakat mau kembali ke jalan yang benar sesuai tuntunan Rosulullah Alaihi Shollatu wa Sallam.

Ma’had Misykatul Atsar adalah pondok pesantren salafy yang berdiri di bawah Yayasan Al-Amin Tingkir yang berdiri bulan Juni 2008. yang berlamat di Kampung Ngentak RT.01/03 Tingkir Lor, Salatiga Jawa Tengah. Ma’had Misykatul Atsar terdiri dari pondok Putra dan Putri, untuk pondok Putra bertempat di Masjid, sedangkan pondok putri masih menyewa rumah salah satu ikhwan di Salatiga.

Kegiatan di Ma’had adalah balajar mengajar mulai dari pagi hingga malam hari, adapun yang dipelajari antara lain :

Tahfidzul qur-an
Aqidah
Fiqih
Hadits
Ilmu Alat (nahwu, Shorof, Kaidah fiqih, Ushul, dll)

Adapun pengajar pada Ma’had Misykatul Atsar antara lain :

Untuk Pondok Putra :

Ustadz Abu Ibrohim Sholeh Suaidi
Ustadz Abu Isma’il Ibrohim
Ustadz Abu Ayyub
Ustadz Abu Zakariya Ahmad
Ustadz Zamakhsari
Ustadz Abdul Lathif
Ustadz Abu Salim Hasan
Ustadz Abu Hamzah
Ustadz Abu Abdillah
Ustadz Abu Umar Abdul Aziz

Untuk Pondok Putri :

Ustadzah Ummu Ibrohim
Ustadzah Ummu Ayyub
Ustadzah Ummu Zaid

Selain kegiatan belajar mengajar rutin setiap harinya seperti disebutkan di atas, yayasan juga mengadakan program Bimbingan Islam Intensif pada setiap hari ahad mulai pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore, dengan materi antara lain aqidah, fiqih, hadits, nahwu dan shorof. Progran tersebut ditujukan bagi masyarakat yang mempunyai kesibukan atau yang selainnya namun ingin menuntut ilmu, maka program ini dibuat di hari ahad yang mana kebanyakan masyarakat di Indonesia libur pada hari ahad, oleh karena itu kami mengambil hari ahad sebagai pelaksanaan program tersebut. Program tersebut sudah berjalan mulai bulan Pebruari 2009 hingga sekarang masih berjalan, walhamdulillah. Adapun peserta yang ikut adalah dari masyarakat Salatiga dan sekitarnya, antara lain, Solo, Semarang, Temanggung, dll. Alhamdulillah perseta yang ikut cukup banyak sehingga kami membaginya dalam 3 kelas. Dengan diadakannya program ini, diharapkan perserta yang lulus dari program ini bisa menyebarkan dakwah Ahlu Sunnah di wilayahnya masing-masing.

Demikian uraian singkat tentang ma’had Misykatul Atsar, semoga Alloh Subhanahu wa ta’ala senantiasa memudahkan kita semua dalam mendakwahkan ajaran agama yang mulia ini dengan pemahaman yang benar

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar