Katalog, Dan Fungsinya


Kalau kita melihat sekilas, Katalog hanyalah selember kertas atau buku. Namun dibalik itu, fungsi katalog produk atau barang bagi produsen, penjual atau penyedia jasa sangatlah penting. Karena selain berfungsi sebagai alat untuk menerangkan, menawarkan, dan mem-visualisasi produk atau jenis layanan jasa. Katalog juga masih mempunyai beberapa fungsi lain yang sangat membantu bagi produsen, penjual ataupun penyedia jasa.
  1. Memberi gambaran tentang perusahaan secara singkat jelas dan padat
  2. menunjukkan identitas dan ciri khas perusahaan (branding)
  3. Menerangkan produk yang dijual
  4. memberi gambaran yang menarik minat konsumen
  5. Meyakinkan konsumen atas produk yang ditawarkan

Guna mencapai fungsi katalog yang maksimal, Produsen, penjual atau penyedia jasa dituntut untuk bisa membuat atau menciptakan katalog yang bisa mempunyai fungsi fungsi tersebut. Karena dengan mampu menciptakan katalog yang dimaksud, katalog akan bisa digunakan sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.

Berikut tinjauan tentang fungsi katalog sebagai alat promosi yang efektif dan efisien.

Katalog berfungsi sebagai alat promosi yang informatif.
Selain berfungsi sebagai alat menjual produk, katalog juga mempunyai fungsi sebagai alat promosi. Hal ini terlihat jelas pada beberapa katalog, Dimana dalam katalog mencantumkan pemberitahuan atau pengenalan produk, Merek produk dan Instansi perusahaan pemilik produk/ jasa dan instansi penjual. Selain itu dalam katalog juga tercantum kata atau gambar yang mempunyai daya tarik untuk membujuk serta mempengaruhi calon konsumen agar mau membeli produk serta memakai produk. Selain hal-hal diatas, kadang katalog juga mencantumkan visi serta misi dari perusahaan.

Katalog mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efektif.
Kalau dalam hal efektif, Tidak perlu diragukan lagi bahwa katalog mampu melakukan hal itu. Karena katalog cenderung terdistribusi kepada orang-orang yang menjadi target pasar untuk produk bersangkutan, Hal ini terjadi karena seorang penjual akan memberikan atau mebagikan katalog kepada calon konsumen yang diharapkan akan tertarik dan mau membayar produk yang ditawarkan dalam katalog produk. Jadi cenderung akan menggunakan hukum rata-rata menjual terfokus, Dimana akan melakukan penawaran produk hanya kepada target pasar untuk produk yang dijual. Dengan demikian promosi bisa benar-benar lebih efektif.

Katalog mempunyai fungsi sebagai alat promosi yang efisien
Demikian juga untuk hal efisien dalam hal katalog sebagai alat promosi, Hal ini bisa dilihat dengan jelas. karena dari fungsi utama katalog untuk menjual, Mau tidak mau fungsi katalog sebagai alat promosi akan terjadi pada saat menawarkan produk kepada calon pembeli, Dengan catatan katalog didesain sedemikian rupa sehingga memenuhi syarat sebagai alat promosi. Jadi biaya promosi yang seharusnya dikeluarkan sudah ikut dalam biaya penawaran produk. Dari hal ini fingsi katalog sebagai alat promosi yang efisien bisa atau sudah tercipta.

Dari uraian diatas, Terlihat jelas bahwa katalog produk bisa memberi fungsi dan kegunaan dalam hal promosi yang efektif dan efisien. Untuk itu tidak ada ruginya bagi perusahaan membuat desain katalog yang bisa memberikan fungsi yang optimal bagi perusahaan.

Anda dapat mengunduh contoh katalog dari "Ekspress Laundry" sebagai referensi untuk membuat katalog yang baik. Langsung saja unduh file nya secara gratis dalam format corel draw yang dibuat dengan menggunakan corel draw X4. Klik icon download yang tersedia dibawah ini

https://www.4shared.com/s/fSOm60vPYei

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar