Membangun Loyalitas dengan Brand

"Ekspress Laundry" design

Membangun Brand Akan Mendekatkan Kita Dengan Lebih Banyak Konsumen. Brand adalah sebuah identitas. Keberadaannya menjadi begitu penting, sebab ia amat berperan dalam menjaring konsumen loyal.

Mengapa Coca Cola konsisten dengan warna merah putih nya, mengapa Nike terus menerus menyematkan jargon "Just Do It" nya, mengapa setiap perusahaan selalu mengulang part part tertentu yang menjadi ciri khas mereka? Itulah yang dinamakan strategi brand image.

Berikut beberapa yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah brand image.

    Simpel dan bermakna

Pilihlah nama yang simpel, agar mudah diucapkan dan diingat. Selain itu, ada baiknya memilih nama brand yang memiliki arti tertentu. Bila tak ingin repot, kita juga bisa menggunakan nama sendiri  menjadi nama brand, seperti yang dilakukan brand-brand ternama, seperti Jhonny Andrea, Yonky Komaladi dan lainnya.

    Gunakan logo

Ciptakanlah sebuah logo visual yang sesuai dengan produk atau layanan dan brand produk atau layanan. Logo ini dapat membantu brand yang diciptakan  agar terkesan lebih mewah dan istimewa. Dengan logo juga menjadi identitas dari bisnis sehingga lebih mudah untuk melakukan inovasi inovasi ke arah pengembangan.


    Menentukan dan menyasar target pasar yang tepat

Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan target market, yakni siapa sasaran utama bisnis kita?. Bila  memilih target market menengah ke atas, tentu image yang mesti dibentuk adalah kesan yang mewah. Tidak ada produk dewa baik barang ataupun jasa yang bisa tepat untuk semua golongan. Karena itu kita harus menyasar satu pangsa pasar saja, karena jika mengambil keduanya maka akan sulit sangat sulit untuk melakukan pengembangan, atau bahkan tidak mungkin.

    Promosi sesuai sasaran

Setiap pengusaha tentu ingin produknya menjadi pembicaraan dan dipuji banyak orang. Tetapi, bagaimana bisa dibicarakan bila tak ada yang mengenal produknya? Trik yang selalu digunakan oleh para marketer adalah dengan teknik promosi. Bukan sembarang promosi, melainkan promosi yang tepat sasaran. Pilih orang-orang yang berpengaruh di kelompoknya untuk mengenal produk kita. Beri dia sampel gratis atau ajak dia mencoba produk kita. Bila ia menyukainya, dengan mudah produk kita akan dikenal luas. Selain itu, kita juga perlu menggelar event khusus untuk memperkenalkan brand yang sedang kita bangun.

    Mendompleng ketenaran

Cara ini juga bisa digunakan, dan cukup mudah agar produk kita segera dilirik konsumen adalah membuat produk kita digunakan oleh selebriti atau public figure saat acara pesta atau event sosial lainnya. Karena biasanya apa yang dikenakan oleh public figure akan segera menjadi perhatian banyak orang. Bahkan menduplikasi produk adalah hal yang sangat dimungkinkan untuk mendongkrak ketertarikan konsumen, asal tidak melanggar hak cipta maka langkah tersebut sah sah saja dalam dunia bisnis. Contohnya Shiao mi yang menduplikasi Apple

    Pengenalan produk

Sebagai produk dengan brand baru tentu belum banyak dikenal orang. Pada saat merilis produk tersebut ke pasar, ada baiknya Anda menjelaskan secara detail kepada para calon customer tentang produk tersebut, dari bahan baku, proses pembuatan, hingga manfaatnya. Jangan lupa, paparkan juga keunikan dan keunggulan yang kita  dimiliki.

    Berteman dengan media

Media memiliki efek sangat besar untuk memengaruhi penilaian masyarakat? Jadi, jangan hanya duduk berdiam diri dan berharap media akan mencari . Kirimkan press release dan contoh produk atau undangan untuk menghadiri peluncuran produk. Bila perlu,  juga bisa meminjamkan beberapa produk untuk mendapat review khusus dari media. Dan di era digital technology seperti saat ini sosial media sangatlah berperan besar dalam memperkenalkan dan menawarkan produk kita baik barang ataupun jasa. Karena di era sekarang ini smartphone hampir menjadi kebutuhan manusia sehari hari.

    Pelayanan khusus

Sebuah brand berkualitas biasanya selalu memiliki customer VIP. Berikan pelayanan khusus, karena mereka inilah yang biasanya menjadi orang pertama yang bersedia membeli produk kita. Lakukan pelayanan pelayanan khusus pada moment moment tertentu atau pada orang orang yang menjadi pelanggan paling setia dengan cara membuat sistem yang tepat, sehingga nantinya diharapkan akan ada lebih banyak lagi customer customer yang loyal dengan adanya pelayanan pelayanan khusus yang kita buat.

Kita bisa menjalin komunikasi dengan cara selalu mengirimkan informasi tentang desain atau produk terbaru. Entah itu dengan kartu member, milis khusus, atau SMS info. Buat mereka merasa dihargai.

    Bangun sinergi

Ikutlah program afiliasi atau kerja sama dengan produk atau brand lain. Misal, dengan membeli produk kita, maka pembeli akan mendapatkan potongan harga untuk produk B dari brand lain. Atau cara lain, bergabunglah dalam event-event dan ajukan diri sebagai  sponsor. Makin sering  ikut event, maka makin cepat brand kita dikenal.

Kita juga dapat membuat event sendiri dengan bersinergi bersama produk atau brand lain, mulai dari event event kecil, misal jika produk kita adalah fashion, kita dapat membuat program event mis Fashion show, dan lain lain, jika produk kita adalah produk bayi, bisa buat lomba bayi sehat, lomba photo baby dan lain lain

    Saingan? No Problem

Jangan pernah menganggap pesaing adalah musuh, karena sesungguhnya pesaing sangatlah berguna sebagai quality control bagi kita “Persaingan itu diperlukan untuk kita selalu bisa berinovasi dan menguntungkan konsumen,”  persaingan membuat kita dan si pesaing berlomba-lomba memperbaiki kekurangan dari produk atau jasa. Jika kita menyasar kepada konsumen kelas atas, maka kita akan selalu memberikan nilali tambah (added value) pada produk atau jasa yang kita sajikan kepada konsumen.

Nilai tambah ini,  bisa didapat dari tiga hal, yakni lewat content (performa produk/ performa pelayanan jika berupa jasa), context (presentasi atau kemasan, layanan, desain interior, atau suasana), dan infrastructure (kemudahan akses).

Jangan lupa untuk terus mengevaluasi ulang hasil promosi dan branding yang sudah kita lakukan secara berkala. Perhatikan cara yang kitalakukan, apakah sudah sesuai target market atau belum, agar brand yang kita bangun dapat terus bergerak dan semakin dikenal banyak orang.

Salah satu cara jitu untuk membangun brand adalah dengan mengulang ulang part berupa warna dan menegaskannya sebagai ciri identitas, dengan mengaplikasikannya dalam berbagai macam desain yang menarik seperti yang dilakukakn Coca cola yang konsisten menggunakan warna merah untuk berbagai aplikasi desainnya baik dalam bentuk desain interior, desain fasilitas pendukung seperti meja payung, showcase frozen, truck distribusi, sragam karyawan dan berbagai media aplikasi lainnya.

atau memmbuat macam macam desain yang bervariasi ddengan menggunakan kombinasi warna yanng konsisten, ekspress laundry melakukakn hal tersebut yang menggunakan visualisasi desain yanng bervariasi namun konsisten menyematkan warna oranye dalam desainnya sebagai cara untuk menegaskan bahwa oranye idenntik dengan "ekspress Laundry"


Kamu dapat memngunduh desain Ekspress Laundry seperti pada gambar paling atas secaa cuma cuma (gratis) disini. Desain dibuat dalam format corel draw X1, langsung saja unduh file nya pada icon download dibawah ini

https://www.4shared.com/file/ocIOSMJfca/ekspress_laundry_design.html

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar