Desain Logo

Sebuah produk harus memiliki logo yang khas dan mencirikan identitas. Logo produk berbeda dengan logo perusahaan. Logo produk selalu ditampilkan secara menarik, karena logo inilah yang menjadi minat konsumen.

Membuat sebuah logo untuk produk dan perusahaan tidak boleh sembarangan. Logo harus ikonik, memiliki ciri khas yang menggambarkan identitas dari logo/perusahaanya. Sehingga saat melihat logonya saja, orang langsung tahu dan ingat. Contohnya seperti logo pertamina yang menggunakan 3 bentuk anak panah dengan warna biru, hijau, dan merah. Ketiga warna tersebut, tentunya memiliki filosofi masing-masing. Dengan hanya melihat logonya saja, kita langsung tahu kalau itu adalah logo pertamina.

Dibawah ini disajikan beberapa desain logo yang inovatif dan bisa menjadi ide bagi kamu yang mau membuat logo untuk produkmu sendiri!

Beberapa contoh desain logo yang iconic dan mudah melekat dalam ingatan. Beberapa diantaranya seperti tipografi eksperimental akan kembali ke dasar. Tren grid sederhana, simple dan geometri, serta aplikasi yang rumit dan pelapisan warna dan pola, tampaknya akan semakin diminati ke depannya


Bagaimana? Apa kalian sudah pernah menerapkannya?

Logo, Dan Brand
Setiap hari kita melihat beberapa logo, dan nyaris tanpa Menyadari hal itu dapat mempengaruhi alam bawah sadar kita, dan mereka menyampaikan citra wakil dari Perusahaan atau produk secara tersirat. Logo Akan Mencerminkan tema utama, Tujuan dan sasaran dari Perusahaan atau produk, sehingga selalu Diinginkan. Selain itu, logo Harus melampirkan dalam simbol atau gambar yang mewakili misi perusahaan atau fitur produk.

Logo dan Brand (merek) adalah suatu unsur yang sangat berpengaruh dalam sebuah perusahaan. Keduanya berfungsi sebagai identitas yang mereprentasikan citra sebuah perusahaan dimata konsumen. Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan perbedaan dari keduanya. Pembaca juga bisa sharing untuk memberikan kontribusi dan masukan positif guna menambah pengetahuan kita bersama dalam memahami logo dan brand serta aplikasinya pada sebuah perusahaan.

LOGO
Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah logo bisa berupa nama, lambang atau elemen grafis lain yang ditampilkan secara visual. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing.

Logo bisa diibaratkan dengan wajah. Setiap orang bisa dengan mudah dikenali antara satu dengan yang lain hanya dengan melihat wajah. Begitu juga halnya dengan logo. Logo merupakan sebuah visi penyampaian citra positif melalui sebuah tampilan sederhana dalam bentuk simbol.

Karena fungsi dasarnya sebagai identitas, logo haruslah unik dan mudah diingat. Selain itu, logo juga harus divisualisasikan seimbang dan enak dipandang, serta relefan sehingga mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang ditawarkan perusahaan pemilik logo.

Contoh desain yang baik dan berkarakter dapat dilihat pada tampilan desain logo perusahaan perusahaan dibawah ini, yang dalam sebuah visualisasi dapat mencakup semua informasi yang diinginkan.

Sebuah logo harus bisa mewakili identitas, ruang gerak, tujuan, ciri khas, idealisme perusahaan secara eksplisit dari tampilan yang sesederhana mungkin sehingga secara stimulan logo tersebut dapat memprovokasi alam bawah sadar konsumen yang pada akhirnya konsumen dapat mengingat dengan baik informasi informasi penting dari sebuah perusahaan hanya dari logo yang mereka lihat secara sekilas. sebagai contoh dari penjelasan di atas dapat kita lihat dari logo Ekspress Laundry dan Ekspress Shoes Clean & Care. Harapannya dengan demikian si konsumen dapat menjadi media promosi bagi calon calon konsumen yang lainnya
BRAND
Sama halnya dengan logo, Brand (merek) berfungsi sebagai identitas suatu perusahaan atau organisasi. Namun brand tidak hanya digambarkan dalam sebuah simbol (seperti logo), brand bersifat menyeluruh. Brand bisa berupa Nama, simbol/logo, bentuk, iklan, slogan, maupun penggunaan kombinasi warna.


Sebuah brand yang baik diciptakan dengan menggulangi penggunaan unsur-unsur tersebut secara konsisten untuk menggambarkan identitas yang jelas dari sebuah perusahaan. Kita mengenal slogan "just do it" sebagai salah satu bagian dari branding Nike. Nike konsisten menyisipkan slogan tersebut dalam berbagai bentuk promosi baik dalam media cetak maupun iklan televisi. Konsistensi tersebut lambat laun menggugah ingatan konsumen terhadap produk Nike yang secara perlahan akan berujung membentuk prilaku konsumen yang responsif terhadap layanan yang ditawarkan dalam promosi.


Contoh lain dalam aplikasi branding dalam sebuah perusahaan dapat dilihat dari penggunaan kombinasi warna. Sebuah brand harus konsisten menggunakan kombinasi warna untuk membangun ingatan konsumen mengenai sebuah produk. Seperti Coca cola yang secara konsisten menggunakan kombinasi warna merah, hitam dan putih dari mulai warna baju karyawan sampai kepada warna gedung sekalipun.

Logo dan Brand (merek) adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak bisa bekerja efektif tanpa dukungan satu sama lain. Brand membutuhkan logo sebagai representasi utama dalam membangun citra perusahaan. Sebaliknya, logo membutuhkan brand untuk mencapai fungsinya melalui bentuk bentuk yang lebih spesifik dalam membangun citra positif kepada konsumen.

Berkaitan dengan Logo dan Brand setidaknya ada 10 warna, yang bisa dianggap berpengaruh pada dunia bisnis, terutama image building, juga marketing.

Dalam dunia marketing kita selalu dituntut untuk menyuguhkan sesuatu yang menarik, tepat komposisinya pada corak desain terhadap sebuah publikasi terkait produk sekaligus bisnis dari customer. Tidak saja pada logo, pada desain interior kantor, website atau weblog, pemilihan warna juga mempengaruhi branding serta tujuan dan target marketing. Dari beberapa sumber yang telah penulis coba kumpulkan, berikut inilah 10 warna paling mempengaruhi marketing pada bisnis, terutama peningkatan penjualan.

1. Warna Hijau
Hijau adalah warna yang fleksibel dan serba guna. Mengandung unsur alam dan kesejukan yang selalu menarik mata, warna hijau adalah warna yang selalu menghadirkan kenyamanan bagi kustomer sebuah produk atau pengunjung bagi sebuah website/weblog. Sehat, keasrian, nyaman, dan kemapanan adalah sifat warna hijau. Mata uang US Dollar juga didominasi warna hijau, konon warna hjau bisa dianggap representasi kemapanan dari sisi ekonomi atau kemakmuran. Menurut anda?

2. Warna Kuning
Sebagai bagian dari 3 warna utama yaitu Merah Biru Kuning, Kuning merupakan warna yang kuat, meski warna kuning juga merupakan corak yang mewakili sesuatu yang menggemparkan, tapi tergantung bagaimana mengolahnya, tentunya. Dengan komposisi dan perpaduan yang tepat warna kuning bisa anda gunakan untuk mencuri perhatian customer atau audiens anda, dan tunjukkan kepada mereka bahwa anda percaya diri dan nyaman dalam kemampuan anda.

3. Warna Merah
Tentu merah adalah warna yang sangat kuat, merah adalah simbol kekuatan. Hampir pada banyak elemen di dunia marketing, warna merah selalu mendominasi. Warna merah selalu bisa menarik perhatian dan mempertahankannya. Gunakan warna merah pada desain grafis tanpa berlebihan.

4. Warna Pink / Merah Jambu
Warna pink selalu mewakili dunia remaja lebih khusus dunia perempuan. Jika kustomer dan audiens anda secara demografi adalah wanita muda, para gadis dan remaja putri, tidak salah anda utamakan warna ini. Pink adalah representasidari sifat riang, ceria dan benar-benar feminin.

5. Warna Ungu
Konon ungu adalah warna representasi kerajaan. Gunakan warna ungu untuk menunjukan sentuhan yang elegan dan wibawa terhadap produk atau perusahaan anda.

6. Warna Oranye
Oranye adalah warna yang dominan pada jeruk dan bermacam buah yang bernutrisi / bervitamin tinggi, oranye adalah warna energi. Warna oranye dapat menarik banyak perhatian, menyenangkan dan indah. Oranye dapat menghadirkan sensasi fresh, sehingga seolah berinteraksi dengan produk / tampilan yang berteknologi termutakhir.

7. Warna Coklat
Coklat adalah warna yang sangat membumi, laiknya tanah yang kita pijak, dan bumi sebagai tempat tinggal. Warna coklat bisa menghadirkan kenyamanan sekaligus perasaan relaksasi terhadap pengunjung atau customer terhadap sebuah produk atau perusahaan.

8. Warna Hitam
Dalam sebuah desain grafis, hitam adalah simbol kekuatan, keperkasaan. Sebagai bagian dari sifat-sifat warna yagn multi guna, hitam bisa saja menghadirkan dan memperkuat kesan modern maupun tradisional dengan segala kenyamanan dan daya tariknya. Dengan perpaduan warna yang kontras selalu bisa menambahkan efek dramatisasi atau perasaan emosional yang dalam dalam mood apa saja. Berani menggunakan warna hitam?

9. Warna Emas
Warna emas selalu menunjukkan sifat elegan dan prestisius. Dengan perpaduan warna ungu atau hijau, warna emas mampu mendatangkan kesan penuh kekuatan yang mewakili simbol kesejahteraan tinggi atau keaslian dan silsilah yang baik.

10. Warna Biru
Seperti yang juga digunakan pada desain blog ini sebagai warna tema dan dominasi, warna biru konon bisa menghadirkan kepercayaan, keunggulan, kemampuan, kedewasaan, keluasan, kedalaman, ketenangan. Tentu dengan kombinasi, perpaduan dan komposisi yang apik nan sesuai,warna biru akan bisa mendatangkan efek dan sifat-sifatnya.

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar