Logo Adalah Identitas


Logo memiliki aspek dan peranan yang penting pada citra dan image perusahaan karena itulah yang akan bahkan mungkin satu-satunya yang akan diingat oleh konsumen terhadap produk anda atau bisnis. Kekuatan inilah yang dinamakan oleh para ahli marketing sebagai branding. Mudah tetapi sulitnya luar biasa. Ingin contoh? Kita semua tentu masih ingat akan Teh Botol Sosro sebuah minuman dingin yang tersedia hampir dimana saja dipelosok tanah air kita tercinta ini. Setiap kali kita kepanasan atau kehausan ditengah jalan teh botol sosro ini mudah dan murah untuk kita dapatkan. Melihat peluang pasar yang besar ini banyak perusahaan besar dengan skala nasional dan multi nasional ikut terjun mengadu peruntungan pada segmen market ini seperti Coca Cola, Frestea, Nestle dll tetapi mereka semua masih belum mampu untuk mengerus pangsa pasar dari teh botol sosro ini.

Logo yang cantik dan elegan memiliki 5 ciri-ciri penting yaitu:

Memiliki pengaruh visual yang kuat dan menjadi sumber inspirasi
Memiliki kemampuan menjabarkan tujuan dan profesionalisme perusahaan
Memiliki identitas yang menjaga individualitas dimata konsumen
Memiliki kinerja yang mampu melipatgandakan pesan branding
Elegan harus dari sudut pandang konsumen bukan pemilik merek

Memiliki Pengaruh Visual
Logo ini telah mendarah daging menjadi satu dengan sifat alami dan ideologi dari sebuah perusahaan karena hal inilah maka para pemilik perusahaan selalu mencari logo yang cantik dan elegan. Logo yang elegan memiliki potensi untuk menjadi entitas yang terpisah dan dapat dikenali walaupun tanpa nama perusahaan bahkan beberapa merek yang sangat sukses, kita sudah hampir tidak mengenal perusahaan pembuatnya tetapi hanya dari simbol bisnis yang berupa logo yang tertera erat pada produk yang dijual. Cantik dan elegan disini adalah arti kiasan dan buka secara harafiah logo kita memiliki tangan yang mampu menarik mata pelangaan karena ini tentu namanya film horor. Logo yang elegan adalah sumber inspirasi yang tak terbatas bagi operasi marketing bahkan melebih dana yang banyak sekali karena logo mengekspresikan secara lengkap citra publik dari organisasi kedalam sebuah gambar simbol sederhana.

Mampu Menjabarkan Tujuan dan Profesionalisme
Logo perusahaan memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dalam menjabarkan tujuan dan keprofesionalan perusahaan karena ini tugas pembuatan logo ini tidak bisa begitu saja diserahkan kepada mereka yang belum berpengalaman. Karena apabila kita pikirkan lebih jauh arti dari profesional adalah berpengalaman.

Identifikasi individualitas Dimata Konsumen
Banyak para pebisnis yang mengalami kegagalan dalam 5 tahun pertama usaha mereka karena logo. Penting sekali untuk secara efektif merepresentasikan sebuah bisnis kedalam logo yang unik demi kelangsungan hidup perusahaan pada jangka panjang. Sebuah aplikasi menarik dari logo adalah untuk menjaga, merawat dan membangun individualitas dari perusahaan kedalam sebuah simbol logo yang mampu diidentifikasi oleh para konsumen dan calon konsumen. Hal yang esensial bagi para pemilik perusahaan untuk mengerti sasaran pasar dan peluang usaha yang ingin mereka garap sebelum membuat sebuah logo. Logo yang penuh warna mampu memberikan inspirasi bagi para pelanggan, logo yang penuh gaya dan elegan mungkin mampu menyediakan daya tarik bagaikan magnet. Sifat dasar alami dari perusahaan sangat penting untuk tercermin dalam sekelumit simbol penuh warna dan arti ini karena itu logo harus dibuat dengan cara yang spesifik yang berputar pada citra yang ingin dibentuk dan dibangun pada jangka panjang.

Berkinerja Untuk Melipatgandakan Pesan Branding
Logo adalah bentuk nyata dari perlambang yang mampu berkinerja untuk melipatgandakan pesan branding anda. Kebanyakan orang sering mencampuradukan antara logo dan brand. Mereka berdua ini selalu seiring sejalan namun brand tidak dapat bekerja tanpa kehadiran logo dan logo tanpa branding adalah seperti mencangkul sawah dengan sebatang lidi. Sebuah logo yang cantik dan elegan melibatkan berbagai tujuan yang bercampur aduk seperti citra dan fokus dari perusahaan yang akan digarap hingga pesan inti marketing yang ingin disampaikan serta mengingatkan dan meninggalkan kesan mendalam pada benak konsumen yang melihatnya.

Elegan Dimata konsumen dan Bukan Pemilik Merk
Bagaimana sebuah logo terlihat pada mata pelanggan (orang yang benar-benar memakai produk/jasa bukan sekedar orang lain) lebih penting daripada bagaimana ia terlihat dimata anda sebagai pemilik merek, walaupun kita yang memiliki dan membuatnya karena hal ini lebih efektif dari keseluruhan pesan promosi anda. Logo yang cantik dan elegan mampu menciptakan kampanye relasi publik atau yang dikenal dengan public relation karena itu membuat sesuatu yang sederhana, seimbang dan harmonis dengan kombinasi warna yang brilian dapat memaksimalkan dan mempercepat terjalinnya komunikasi antara produk dan pelanggan secara menguntungkan.


Ketika berbicara tentang desain logo perusahaan dan melihat sebuah karya yang profesional, simple, sederhana dan menarik, seringkali kita berpikir “Mengapa tidak terpikir untuk membuat seperti itu?” Hal-hal apa saja yang membuatnya menjadi impresif dan menawan? Desain logo perusahaan adalah hal yang teramat penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan karena citra merek yang baik dan keren akan sangat menentukan branding dan citra perusahaan anda dimata konsumen.

Ada lima hal yang sudah pasti dan menjadi pakem dalam setiap pembuatan simbol perusahaan yang menarik:

-Dapat didiskripsikan
-Mudah sekali diingat
-Dapat dibuat indah walaupun tanpa warna
-Dapat disesuaikan, terlihat bagus dalam skala kecil maupun raksasa
-Relevan dengan industri tersebut

Point nomor 1 dan 2 sering sejalan karena apabila kita tidak dapat menjelaskan seperti apa bentuknya tersebut, bagaimana kita dapat mengingat apa yang kita lihat? Bila kita tidak mampu mengingatnya maka semua program marketing yang dilaksanakan menjadi sia-sia.

Point nomor 3 sangatlah penting karena warna adalah hal sekunder. Hal primer adalah bentuk dan rupa. Karena itu kita haruslah dapat membayangkan seperti apa jadinya yang kita buat apabila ditampilkan dalam keadaan tanpa warna. Apabila karya yang kita ciptakan terlihat buruk dalam keadaan hitam putih maka seberapa banyak warna tidak akan mampu membuatnya terlihat cantik dan mudah diingat.

Point nomor 4 teramati penting dan sering dilupakan oleh banyak orang karena hal ini menyangkut aplikasi nyata dari simbol tersebut seperti dicetak pada kop surat, desain kartu nama, pin, pulpen, alat tulis, topi dan sebagainya. Apabila terlihat terlalu rumit maka apabila diaplikasikan kedalam bentuk desain yang kecil akan menjadi tidak berarti sama sekali.

Yang terakhir adalah harus selalu relevan dengan bisnis industri perusahaan yang diwakilinya tersebut. Satu-satunya hal yang dapat dilakukan disini adalah melaksanakan riset lengkap yang mendalam terhadap industri tersebut dan kemudian medesain logo yang berbeda dari kompetisi yang telah ada. Ini yang membuat penting agara proses kreatif ini didelegasikan dan diserahkan kedalam tangan para profesional dibidang desain grafis yang tidak hanya mengerti dan menguasai ilmu grafis tetapi juga marketing, branding, corporate identity dan psikologi warna  yang telah berpengalaman mendesain logo selama puluhan tahun

Logo adalah lambang dari sebuah perusahaan atau produk dan logo juga merupakan simbol yang memberi penjelasan tentang citra dari perusahaan dan produk atau yang lebih dikenal dengan sebutan branding atau corporate identity. Dengan memiliki logo perusahaan menempatkan dirinya secara berbeda dalam masyarakat dan konsumen.

Logo memiliki tiga tujuan utama, antara lain:

Bentuk atau Marking. Bentuk yang dapat dilakukan penggambaran, seorang designer logo melakukan penggambaran marking ini dengan teori analog. Bentuk marking dari logo ini biasanya diambol dari sebuah obyek yang terkait dengan perusahaan atau produk yang nantinya akan dibuatkan desain logonya.
Menarik Mata atau Eye Catching. Desain logo harus memiliki nilai tambah dan harus lebih dari cuma sekedar menarik untuk dilihat. Logo perusahaan secara alami harus mampu bersaing dengan banyak gambar logo yang terpampang dioutlet, mini market, supermarket, toko, toko buku, toko online, kartu nama, brosur-brosur, leaflet, poster dan sebagainya.
Trend. Perkembangan desain logo akan sangat dipengaruhi oleh trend dan perkembangan jaman. Seperti trend dalam dunia seni, teknologi atau bisnis perusahaan maka trend dalam logo ini seringkali mewakili sisi dinamis dari bentuk atau lambang yang diambil oleh perusahaan.  Pada saat awal booming internet dan banyak bermunculannya perusahaan dot com maka trend dari desain logo perusahaan juga beralih kedalam bentuk digital yang banyak mengambil bentuk garis, lingkaran dan titik sehingga trend dari dunia informatika yang sangat berkembang pesat pada waktu itu mengambil konsep bentuk matriks dengan segala sesuatu yang berbasis komputer dan server.

Logo harus mampu secara mencolok menarik lebih banyak konsumen dibandingkan dengan bentuk unsur desain logo kompetitor. Mendesain logo yang memiliki nilai dan menarik sangatlah susah.Ada beberapa yang harus dipikirkan dalam membuat desain logo perusahaan seperti: target market dan karakter dari pasar yang disasar, media (seperti iklan surat kabar, iklan TV, baliho, iklan diradio dsb) yang akan dipakai untuk menyampaikan pesan marketing dan branding.

Keahlian dan pengetahuan sangatlah diperlukan untuk membuat desain logo yang memiliki bentuk unik dan mampu menarik perhatian pelanggan dari merek kompetitor perusahaan.Banyak sekali jenis dari lambang yang bisa dipakai dalam menafsirkan dan mempresepsikan sebuah lambang akan tetapi apabila diberi beberapa pilihan alternatif maka akan terdapat satu atau dua yang akan menarik perhatian konsumen lebih dari yang lain.

Variasi dari bentuk logo tersebut dapat diberikan variasi tambahan untuk mempercantik dan memperindah dimana kekuatan penyampaian pesan menjadi tidak sekuat obyek utama dari bentuk itu sendiri. Bentuk yang dipilih sebagai ornamen cantik bisa berupa bentuk bulat, persegi, kotak, segitiga, atau sekedar garis lengkung.

Trend menyebar mirip dengan virus tetapi tidak selamanya sama. Banyak hal yang berkaitan dengan penyebaran trend yang saling terkait dan biasanya kemunculan sebuah trend selalu berulang dimana konsep lama akan kembali muncul didaur ulang. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya trend, faktor penyebab trend ini biasanya bersifat eksternal seperti televisi, politik, lukisan, kosmetika, ilmu pengetahuan dll tetapi ada juga segelintir orang atau perusahaan yang mampu mempengaruhi jalan lintasan sebuah trend. Ini sangat terlihat dalam dunia pakaian dan furniture.

Desain logo pada tahun 1970-an banyak sekali mengambil simbol atau lambang yang mendekati aslinya seperti aliran lukisan realistis dalam dunia seni rupa. Pada tahun 1990-an trend desain logo mulai berubah kearah yang lebih simple dan sederhana serta minimalis dimana bentuk lambang simbol yang diambil mulai berbentuk abstrak. Pada tahun 2000-an trend desain logo mulai kembali pada bentuk yang kompleks dan rumit dalam bentuk warna-warna yang solid. Bentuk dan simbol logo pada era ini cendrung berbentuk nyata dan sangat kaya warna.

Karena dunia yang selalu berubah dan trend yang selalu berpindah maka kita perlu mencermati perkembangan dengan saksama dan bersikap proposional terutama dalam keputusan mengganti desain logo perusahaan anda.

Selama kita melihatnya sebagai hal yang positif maka kita akan memiliki nilai tambah wawasan dan ide yang lebih luas. Begitu juga sebaliknya, jika kita melihatnya sebagai penghambat maka kita tidak akan bisa menerima kekurangan desain kita secara lebih proposional tetapi dengan biaya design logo yang semakin murah tidak ada alasan lagi untuk membiarkan logo perusahaan anda ketinggalan zaman dan ditinggal konsumen dalam hal branding.

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar