MACAM MACAM CAT DENGAN BAHAN DASAR AIR (Water Base)

CAT RUBBER:
Cat jenis ini digunakan spesial untuk sablon diatas kain gelap. Sebab Cat jenis ini bersifat pekat, dan dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Cat jenis rubber lazimnya digunakan untuk underbase. Underbase sendiri difungsingkan sebagai penutup warna kain sebelum proses penyablonan warna-warna diatasnya. Cat jenis rubber sendiri dibagi menjadi dua jenis untuk dua kegunaan. Jenis pertama ialah Cat jenis rubber white biasanya dipakai untuk underbase/dasar, dapat pula digunakan untuk memperoleh warna-warna pastel/muda. Jenis kedua ialah rubber color dapat diperuntukan untuk pencampuran warna-warna renta. Untuk mendapatkan putih dengan bersih dan cerah, campurkan Cat jenis rubber white dengan sedikit pigmen/pewarna berwarna nila atau ungu.
CAT  TRANSPARAN:
Umumnya disebut secara coating, karena dapat difungsikan untuk pelapisan hasil cap, jadi hasil sablon lebih terang atau mengkilap. Cat jenis tersebut memiliki bentuk sebagaimana cat jenis extender yang transparan, akan tetapi memiliki kandungan dengan lebih kuat atau lebih keras. Cat jenis ini indah sangat disarankan untuk yang menggunakan teknik penyablonan pemecahan empat warna secara terlebih dahulu atau biasa dikenal dengan sebutan CMYK dengan terlebih dahulu memberikan rubber white pada permukaan bahannya.
PEWARNA EXTENDER:
Cat jenis in bersifat transparan, disarankan buat penggunaan diatas bahan bahan yang berdasar putih atau bahan-bahan berwarna terang. Sifat dari cat  tersebut adalah menyatu/menyerap di bakal bahan.
CAT SUPER WHITE:
Cat jenis ini hampir serupa jenisnya dengan cat jenis rubber, dibedakan menjadi 2 kategori umum yakni white dan color. Cat jenis ini sifatnya lebih mendekati cat jenis extender yakni menyatu dengan bahan & transparan, serta dapat disablon untuk dasar dasar bahan berwarna kurang cahaya atau sedikit gelap.
CAT PUFF/TIMBUL:
Cat jenis ini sendiri ada dua jenis yaitu underbase maupun plastisol. Cat ini memerlukan pemanasan untuk mengeluarkan karakter cat yang mengembang atau timbul secara efek.
CAT  SOLVENBASE/PLASTISOL:
Cat jenis ini berbahan pokok PVC dan harganya lebih mahal jika dibandingkan jenis cat lainnya serta memerlukan blower khusus untuk proses pengeringannya. Karena pada prinsipnya cat jenis ini tidak dapat kering dengan sendirinya sebagaimana cat jenis waterbase di biasanya. Untuk dapat kering secara baik, cat jenis itu memerlukan suhu yang mencapai 160 derajat serta memerlukan kurang lebih peralatan seperti conveyor curing dan flash curing. Sesudah dilakukan proses pengeringan, Cat jenis plastisol ini mempunyai kecakapan rekat yang amat cantik. Cat jenis ini kerap dipakai untuk menciptakan efek-efek  yang menakjubkan seperti high density. Dan t-shirt yang memakai  cat jenis plastisol sebaiknya  diberikan penjelasan bahwa ”Do not iron on design”, karena cat jenis ini akan meleleh kalau terkena panas dengan suhu yang tinggi langsung dari setrika dan tentu saja berakibat pada rusaknya karakteristik desain yang menempel pada T-Shirt tersebut.
MACAM-MACAM PEWARNA PLASTISOL:
CAT ALL PURPOSE:
Cat jenis ini berwujud transparan, bersifat seperti extender di dalam cat jenis waterbase. Oleh karena itu sangat disarankan jika cat jenis ini hanya dipakai pada kain berwarna bersih atau terang.
CAT HIGH OPACITY:
Cat jenis itu memiliki sifat seperti rubber di waterbase, hanya saja Cat jenis ini mempunyai daya tutup yang lebih baik dalam permukaan bahan jika dipadankan dengan Cat jenis rubber. Cat jenis ini dapat digunakan dengan teknik high density.
CAT  ATHLETIC PLASTISOL:
Cat jenis tersebut bersifat lentur atau elastis sehingga sangat cocok bakal penyablonan diatas kain polymesh, spandex atau kain dengan motif berlubang-lubang.
CORK BASE:
Berjenis plastisol, Cat jenis ini dapat digunakan untuk teknik high density yang hendak menghasilkan efek seperti busa atau gabus. Cat jenis tersebut memiliki kelenturan dan fleksibelitas yang tinggi sehingga kompatibel baik untuk penyablonan untuk bahan yang mempunyai kelenturan tinggi seperti bahan-bahan Spandek dan Rib. Cat jenis itu juga tidak diperbolehkan untuk di dry-clean, bleach atau disetrika.
SHIMMER GOLD & BASE:
Cat jenis plastisol ini diformulasikan untuk menghasilkan warna-warna metalik. Cat jenis ini berwujud. Cat jenis ini amat disarankan jika digunakan untuk heat transfer, baik itu cold peel maupun hot peel. amat baik digunakan di dalam kain knitting, cotton, polyster & rayon. Namun cat ini tidak disarankan buat pemakaian pada kain macam nylon atau lycra.
HIGH DENSITY CLEAR:
Cat ini memiliki sifat transparan, Cat jenis ini menghasilkan efek pola dengan kesan mengkilap dan terkesan basah.
WILFLEX LUNA CLEAR:
Cat jenis ini akan terlihat biasa ketika cat ini tidak mendapatkan pencahayaan ultraviolet.
NATURAL SUADE:
Cat jenis plastisol dengan menghasilkan efek leather dengan sangat lembut.
MACAM CAT  DAN TEKNIK YANG LAIN:
YELLOW SPARKLE:
Bubuk yang diformulasikan untuk menimbulkan aksen berkelip-kelip/mengkilat, serta memiliki tampilan dengan glossy dan berbentuk seperti serbuk. Sebelum menggunakannya disarankan untuk melakukan penyablonan dasar dengan menggunakan cat jenis plastisol sekaligus berguna sebagai perekat serbuk.
FOIL TRANSFER:
Aluminium foil dalam wujud lembaran seperti kertas. Selain warna silver dan gold, foil ini juga tersedia dalam pilihan macam warna dan corak. Untuk menempelkan media ini, foil membutuhkan lem spesial.
FLOCK:
Teknik sablon dengan menciptakan efek cat yang akan mengakibatkan efek beludru. Terdapat dua macam flock, bubuk dan lembaran. Untuk flock jenis lembaran membutuhkan lem spesial sebagai media perekatnya.
SUGAR PRINTING:
Aplikasi pola dengan bentuk bubuk transparan mirip gula pasir.
GLOW IN THE DARK:
Tepung yang menyerap serta memantulkan sinarnya kembali jika berada didalam ruangan gelap.
REFLECTIVE POWDER:
Tepung yang dapat memantulkan cahaya jika terkena pantulan lampu atau sinar matahari.
DISCHARGE AGENT:
Adalah bahan kimia yang biasa digunakan buat mencabut warna dasar kain, sehingga warna bahan jadi putih/grey. & untuk memperoleh hasil maksimal, kain harus dipilih harus yang memiliki sifat dischargeable.
DISTRESSED ataupun VINTAGE:
Teknik inovasi grafik secara membuat tekstur jadi foto terlihat pecah-pecah serta tampak usang/kuno.
SHATTER BASE:
Dipakai untuk menciptakan aksen pecah (crack). Cat jenis ini sejatinya diciptakan agar gampang terpecah saat mengering Karena tidak dapat kering dengan sendirinya, maka dibutuhkan tambahan flash curing untuk proses pengeringan dab finishing produksi.
ROCK BASE:
Teknik high density namun menggunakan cat jenis rock base untuk menciptakan cat yang memiliki kesan kasar mirip seperti batu.
SUBLIMATION TRANSFER:
Gambar atau foto yang dicetak diatas kertas, yang lalu ditransfer ke kaos dengan bantuan mesin hotpress. Sublimation transfer biasanya dibagi dalam menjadi 2 macam, hot peel serta cold peel.
HOT PEEL:
Gambar/foto yang diprint diatas kertas transfer.
COLD PEEL:
Kertas transfer yang mengandung gambar/foto jadi dengan bermacam-macam pilihan. Jenis cold peel ini jika diaplikasikan kedalam kain kaos akan menciptakan tekstur sebagaimana cat jenis rubber, dan siap diaplikasikan pada bahan terang maupun yang kurang cahaya. Sebab dalam pembuatannya, cold peel menggunakan cat jenis plastisol.
RHINESTONES HEAT PRESS:
Aplikasi yang digunakan untuk dekorasi dalam garmen, memiliki bermacam2 nama sesuai dengan jenis bahan yang digunakan, diantaranya : nailheats, rhinestones & swarovski crystals. Cara pengaplikasiaannya sendiri hanya dengan memanaskannya dengan bantuan mesin hot press dengan temperatur 160 derajat celcius selama 10 detik.
HIGH FREQUENCY WELDING:
Proses rekayasa memakai mesin high frequency, sebagaimana aplikasi pada plastik PVC diatas dasar kain.
EMBOSS PRINT:
Aplikasi ini menggunakan mesin press tekanan tinggi untuk menciptakan hasil emboss diatas media kain/bahan.

About Barokah

Bonanza Kreatif Mandiri, atau Bonanza Advertising yang kemudian dikenal dengan "BNZADV" adalah bidang usaha dari Kurnia Group.co. di bidang konsultan produk, logo, dan advertising support. Didirikan oleh Kurniawan Edi Nugroho, pada tanggal 11 Januari 1999.

0 Comments:

Posting Komentar